Jumat, 25 November 2016

Pengalaman Tes PLN Pertama Part 1 : AKDING (Akademik dan Bahasa Inggris)

        Haiiii temaaaaaann....
      Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi pengalaman waktu ikut tes PT. PLN (Persero) di Jogja. Kebetulan ini merupakan pertama kalinya daftar PLN. Sebelumnya aku ikut Jobfair di UGM terlebih dahulu untuk bisa mendaftar. Perjuangan pun saya lalui untuk masuk ke dalam lokasi jobfair dikarenakan antriannya panjaaaaaaang baaanget. Namun dengan kekuatan mlipir-mlipir bisaalaaah dapet antri di bagian tengah hihi. Sesampainya di panitia, peserta jobfair harus menunjukan scan barcode yang sebelumnya sudah registrasi di website ecc ugm. Setibanya di lantai atas aku langsung mencari booth PLN. Disini ada 2 bagian yaitu registrasi Online dan Offline. Keduanya pun memiliki antrian yang cukup panjaaang. Berhubung aku belum melakukan registrasi online maka setelah mengumpulkan berkas aku pun diberi kode token untuk mengisi data dan mengupload file-file kedalam website pln.
         Setelah seminggu menanti alhamdulillah pada tanggal 1 September 2016 dinyatakan lolos seleksi administrasi dan tes pertama yang dilalui adalah tes AKDING (Akademik dan Bahasa Inggris). Kebetulan saya kebagian jadwal hari Senin tanggal 5 September 2016 pukul 10.00 WIB. Berangkat dari rumah jam 05.00 WIB baru kali ini ke jogja naik motor sendiri *soalnya biasanya cuma bonceng hihi*. Sampai di lokasi tes pukul 08.30 dan peserta batch 2 pun sudah ada yang datang walau cuma beberapa orang. Sampai disana akupun bertemu dengan temen kuliah *rombongan sihyaaaa males nyebutin satu-satu haha* dan memutuskan untuk mengisi amunisi pada perut yang keroncongan sebelum berperang *halaaaah*.
        Waktu sudah menunjukan pukul 10.30 dan peserta dari batch 1 pun akhirnya keluar. Pada saat di dalam diberi pengarahan terlebih dahulu oleh pegawai PT. PLN (Persero) seperti apakah kalian siap jika ditempatkan di luar pulau jawa ? Apakah kalian ada yang punya pacar yang bekerja di PLN dan dalam berniat untuk menikah ? (Soalnya sesama pegawai PT. PLN (Persero) dilarang menikah).
        Setelah pengarahan selesai soal pun dibagi kebetulan soal pertama yang dikerjakan adalah soal bahasa inggris. Banyaknya soal bahasa inggris berjumlah 50 soal dengan ketentuan nilai benar +4, nilai salah -1, tidak dikerjakan 0.Pada saat membuka halaman pertama agak terkejut karena bacaan nya yang panjang-panjang haha *maklum agak nggak paham bahasa inggris hihi*. Sedikit saran perbanyaklah latihan soal TOEFL. Setelah satu jam berlalu lembar soal dan jawaban pun dikumpulkan dari belakang ke depan.
        Soal selanjutnya adalah akademik dimana saya dari jurusan D3 Elektro maka soal kebanyakan berhubungan dengan rangkaian listrik, jaringan distribusi, proteksi, dsb. Ketentuan pun masih sama nilai benar +4, nilai salah -1, tidak dikerjakan 0. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal 1 jam. Setelah tes selesai saya pun pulang dan menunggu pengumuman yang akan keluar pada tgl 8 September 2016.
        See you next post...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar