Minggu, 27 November 2016

Tes PLN Pertama Part 2 : Tes Adaptif (CAT)



Setelah beberapa hari menunggu akhirnya Alhamdulillah lolos tes AKDING dan lanjut ke tahap tes adaptif. Awalnya cukup pesimis sih kalo missal nggak lolos akademik tapi mencoba meyakinkan diri sendiri untuk optimis yeeaay hihi. Kebetulan dapet jadwal tes adaptif hari kamis tanggal 15 September 2016 lumayanlaah ada waktu hampir seminggu buat mempersiapkan diri soalnya berdasarkan searching-searching di google baru kali ini tes adaptif dilaksanakan pada saat rekrutmen di Jogja sebelumnya menggunakan sistem GAT gaaaes.


Untuk yang belum tau apa itu tes adaptif saya akan menjelaskan sedikit kepada kalian *seeeeeetdaaaah hihi*. Tes adaptif atau sering disebut Computer Adaptif Test (CAT) merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan intelejensia seseorang. Hal ini dapat mempengaruhi posisi atau jabatan yang sesuai dengan kemampuan seseorang kelak. Namun, dalam sistem CAT ini seseorang tidak bisa memilih soal yang lebih mudah untuk terlebih dahulu dikerjakan karena mereka diwajibkan menyelesaikan soal ujuian yang ada di layar komputer. Apabila sulit, maka komputer secara otomatis akan memberikan soal berikutnya yang lebih mudah dari sebelumnya. Demikian sebaliknya apabila soal sebelumnya lebih mudah maka pada soal berikutnya akan lebih sulit. Pada pengerjaannya setiap orang akan mengerjakan soal dengan jumlah soal yang berbeda.
Sebelumnya agak khawatir sih apa iyaaa panitia akan menyediakan laptop sebanyak 300 per batch dengan jaringan internet yang memadai. Dan ternyata ketika masuk ruangan bener laptopnya mungkin ada 300 lebih wiiiiiiih haha. Untungnya pas ngerjain soal CAT jaringan internetnya lancar. Oh iyaaaa pada pengerjaan soal ini ada 4 sub soal tapi maaaaf akuuu lupaaaa huhu. Pokoknya terdiri dari perhitungan (kalo ini masih dasar yaaa perhitungan anak SD-SMP gitu soalnya terdiri dari grafik, diagram, dll), gambar, paragraf kayak pelajaran Bahasa Indonesia gitu, trus yang satu apaaan yaaah lupaaaa huhu. Setiap soal diberi waktu 2 menit untuk menjawab apabila sebelum waktu habis bisa terjawab maka akan berganti soal berikutnya namun apabila dalam 2 menit soal belum terjawab maka akan berganti soal berikutnya secara otomatis. Untuk soal hitung-hitungan jangan khawatir di dalam ruangan nanti di kasih kertas buram kok buat coret-coretan hihi.
Finally, kelaaaar tes adaptif hari ini dan hasil tes adaptif akan diumumkan keesokan harinyaaa.
See you next post gaes…………………………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar